Selasa, 21 Desember 2010

DEFINISI PENDIDIKAN


BEBERAPA PENDAPAT TENTANG DEFINISI  PENDIDIKAN DIANTARANTA SEVAGAI BERIKUT:
M.J. LANGEVELD. Adalah merupakan upaya manusia dewasa membimbing yang belum kepada kedewasaan.
Ahmad D. Marimba.Merumuskan pendidikan sebagai bimbingan atau pimpinan sedacara sadar oleh  si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terididik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Brubacher               Education is the organized development and equepment of all the powers of a human being, moral, intellectual and physical, by and for their individual and social uses, directed towrad the union of these activites with their creator as their final and . “artinya: pendidikan merupakan perkembangan ynag terorganisir dan kelengkapan dari semua potensi manusia, modal, intlektual maupun jasmani, oleh dan untuk kepribadian individunya dan kegunaan masyarakatnya, yang diarahkan untuk menghimpun semua aktivitas tersebut bagi tujuan hidupnya yang ahir.”
Herman H. Home Pendidikan harus dipandang secara timbal balik dengan alam  sekitaar, dengan sesama manusia, dan dengan tabiat tertinggi.
Sahal Mahfud        pendidikan pada dasarnya merupakan usaha sadar yang membentuk watak dan prilaku secara sistematis, terencana, dan terarah.
B.S. Mardiatmadja pendidikan merupakan suatu usaha bersama dalam proses terpadu (terorganisis) untuk membantu manusia mengembangkan diri dan menyiapkan diri guna mengambil tempat semestinya dalam pengembangan masyarakat dan dunianya dihadapan dang pencipta.
Omar Muhammad At-Toumy Al-Syaibany,pendidikan islam merupakan sebagai usaha mengubah tingkah laku individu dalam kehiupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam sekitarnya melalui proses pendidikan.
Yusuf Al-Qadrawi, pendidikan islam merupakan pendidikan manusia seutuhnya, dan  hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya.
Hasan Langgulung, pendidikan islam merupakan suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi pranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di didunia dan memetik hasilnya di akhirat.
Syah Muhammad A. Naquib Al-Attas, pendidikan islam adalah usaha yang dilakukan pendidik terhadap peserta didik untuk plengenalan dan pengakuan tempat-tempat yang benar dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan sehingga membimbing kearah pengenalan dan pengakuan akan tgempat Tuhan yang tgepat didalam tatanan wujud dan kepribadidan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar