Selasa, 04 Januari 2011

INFO PENERIMAAN S2 UGM YOGYAKARTA

Pendaftaran untuk calon mahasiswa Semester I Tahun Akademik 2010/2011 adalah :
Tahap Pendaftaran Keterangan Ujian ACEPT & PAPS Proses Seleksi Akademik Pengumuman Registrasi
I 27 Des 2010 - 8 Apr 2011 Khusus Pelamar BPPS Sabtu, 16 April 2011 18 April-6 Mei 2011 DIKTI 11 -26 Agt 2011

Program Studi S2 dan Spesialis
1. S2 REGULER

NO FAKULTAS PROGRAM STUDI S2 REGULER
1 BIOLOGI BIOLOGI
2 EKONOMIKA DAN BISNIS AKUNTANSI
ILMU EKONOMI
MAGISTER EKONOMI PEMBANGUNAN
MANAJEMEN
3 FARMASI ILMU FARMASI
4 FILSAFAT ILMU FILSAFAT
5 GEOGRAFI GEOGRAFI
PENGINDERAAN JAUH
6 HUKUM ILMU HUKUM
7 KEDOKTERAN ILMU KEDOKTERAN DASAR & BIOMEDIS
ILMU KEDOKTERAN KLINIK
ILMU KEDOKTERAN TROPIS
ILMU KESEHATAN KERJA
ILMU PENDIDIKAN KEDOKTERAN
8 KEDOKTERAN GIGI ILMU KEDOKTERAN GIGI
ILMU KEDOKTERAN GIGI KLINIK
9 KEDOKTERAN HEWAN SAINS VETERINER
10 KEHUTANAN ILMU KEHUTANAN
11 MIPA FISIKA
ILMU KIMIA
ILMU KOMPUTER
MATEMATIKA
12 PERTANIAN AGRONOMI
EKONOMI PERTANIAN
FITOPATOLOGI
ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
ILMU TANAH
MANAJEMEN AGRIBISNIS
PEMULIAAN TANAMAN
13 PSIKOLOGI PSIKOLOGI
14 PETERNAKAN ILMU PETERNAKAN
15 ISIPOL MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK (d/h ILMU ADMINISTRASI NEGARA)
ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL
ILMU KOMUNIKASI
POLITIK DAN PEMERINTAHAN (d/h ILMU POLITIK)
PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN
SOSIOLOGI
16 ILMU BUDAYA ILMU ANTROPOLOGI
ILMU ARKEOLOGI
ILMU LINGUISTIK
ILMU SASTRA
ILMU SEJARAH
17 TEKNIK ARSITEKTUR
TEKNIK ELEKTRO
TEKNIK GEOLOGI
TEKNIK GEOMATIKA
TEKNIK INDUSTRI
TEKNIK KIMIA
TEKNIK MESIN
TEKNIK SIPIL
18 TEKNOLOGI PERTANIAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN
TEKNIK PERTANIAN
TEKNOLOGI HASIL PERKEBUNAN
TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
19 SEKOLAH PASCASARJANA BIOTEKNOLOGI
ILMU LINGKUNGAN
ILMU AGAMA DAN LINTAS BUDAYA
KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA
KAJIAN PARIWISATA
KEPENDUDUKAN
KETAHANAN NASIONAL
PENGEL. INFRASTRUKTUR & PEMBANGUNAN MASY.
PENGKAJIAN AMERIKA
PENGKAJIAN SENI PERTUNJUKAN DAN SENI RUPA
PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN

2. S2 NON REGULER (JALUR PROFESI)
NO FAKULTAS PROGRAM STUDI S2 NON REGULER
1 EKONOMIKA DAN BISNIS MAGISTER AKUNTANSI
MAGISTER MANAJEMEN
2 FARMASI MAGISTER FARMASI KLINIK
3 HUKUM MAGISTER HUKUM
MAGISTER HUKUM LITIGASI
MAGISTER KENOTARIATAN
4 KEDOKTERAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
5 PSIKOLOGI MAGISTER PROFESI PSIKOLOGI
6 TEKNIK PERENCANAAN KOTA DAN DAERAH
SISTEM DAN TEKNIK TRANSPORTASI
7 SEKOLAH PASCASARJANA ILMU ADMINISTRASI PUBLIK
MAGISTER STUDI KEBIJAKAN
HUKUM KESEHATAN

3. SPESIALIS
NO PROGRAM STUDI SPESIALIS
1 ILMU ANESTESIOLOGI
2 ILMU BEDAH
3 ILMU BEDAH ANAK
4 ILMU BEDAH MULUT
5 ILMU KEBIDANAN DAN PENYAKIT KANDUNGAN
6 ILMU KEDOKTERAN FORENSIK
7 ILMU KESEHATAN ANAK
8 ILMU KESEHATAN GIGI ANAK
9 ILMU KESEHATAN KULIT DAN KELAMIN
10 ILMU KONSERVASI GIGI
11 ILMU PATOLOGI ANATOMI
12 ILMU PATOLOGI KLINIK
13 ILMU PENYAKIT DALAM
14 ILMU PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH
15 ILMU PENYAKIT MATA
16 ILMU PENYAKIT MULUT
17 ILMU PENYAKIT SYARAF
18 ILMU PENYAKIT THT
19 ORTHOPAEDIK DAN TRAUMATOLOGI
20 ORTODONSIA
21 PERIODONSIA
22 PROSTODONSIA
23 PSIKIATRI
24 RADIOLOGI
25 UROLOGI

Prosedur Admisi(Pendaftaran) Program S2 dan S3
• Kesalahan pengisian biodata tidak dapat dirubah kembali.
• Semua berkas yang telah masuk ke DAA tidak dapat ditarik kembali.
• Berkas yang tidak lengkap tidak akan diproses
• Batas akhir pengumpulan berkas pendaftaran Tahap I adalah 16 April 2011
Prosedur Pendaftaran
Prosedur pendaftaran calon mahasiswa S2 dilaksanakan secara online dengan prosedur sebagai berikut:
• Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar
o Rp. 500.000,00 untuk S2 Reguler (Jalur Akademik)
o Rp. 750.000,00 untuk S3 dan S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
o Rp. 1.000.000,00 untuk Spesialis
• Pembayaran dapat dilakukan secara online melalui Bank BNI seluruh Indonesia, dengan kode :
o 2121 untuk pendaftaran S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
o 2222 untuk pendaftaran S2 Reguler (Jalur Akademik)
o 2323 untuk pendaftaran Spesialis
o 3333 untuk pendaftaran S3
diikuti dengan tanggal lahir ber-format (ddmmyyyy)

Contoh, untuk mendaftar S2 Reguler dengan tanggal lahir 3 November 1980, kodenya adalah 222203111980.
Apabila tanggal dan bulan lahir tidak diketahui, maka tanggal dan bulan lahir yang dituliskan adalah 1 Januari.
• Jika pembayaran berhasil, maka pada struk pembayaran akan tercantum password untuk mengisi formulir pendaftaran.
• Pada akhir isian formulir pendaftaran, pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran dan tersedia tombol untuk mencetak formulir pendaftaran sebagai salah satu syarat berkas pendaftaran.
• Mengirimkan/menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke
Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta - 55281
• Mengikuti ujian TOEFL dan TPA pada waktu dan lokasi yang telah dipilih saat pengisian formulir pendafataran.

Persyaratan Berkas
A. Persyaratan untuk program S2 :
1. Salinan ijazah dan transkrip akademik S-1 yang telah dilegalisir.
2. Memiliki IPK minimal 2.75
3. Asal Program Studi S1 telah memperoleh Akreditasi oleh BAN PT.
4. Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon.
5. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2 yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah S-2.
6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
7. Surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan kesanggupan biaya sendiri (bermaterei).
8. Bagi pendaftar yang telah memiliki nilai TOEFL 450 dari PPB UGM atau ITP-TOEFL oleh institusi yang ditunjuk oleh The Indonesian Internasional Education Foundation dan TPA 500 yang dikeluarkan oleh Bappenas, Puspendik Litbang Diknas dan UGM dapat dilampirkan, sedang bagi pendaftar yang belum punya maupun nilai TPA dan TOEFL di bawah nilai tersebut di atas diwajibkan mengikuti tes. .
9. Surat keterangan sehat dari dokter.
10. Untuk pendaftar S2 Ketahanan Nasional, lulusan Akademi TNI dan POLRI, tanpa gelar kesarjanaan dapat mengikuti seleksi dengan syarat harus lulus SEKOLAH STAF dan KOMANDO ANGKATAN DARAT (SESKO AD), LAUT (SESKO AL), UDARA (SESKO AU) dan SESPIMPOL, dengan pengkat minimal Letnan Kolonel (LETKOL).
11. Pelamar BPPS (hanya untuk Jalur Akademik) melampirkan Form A, B, C, D, E dan F dengan dilengkapi fotokopi
10.1 Karpeg/NIK untuk PNS/Karyawan.
10.2 Surat Keputusan sebagai PNS.
10.3 Surat Keputusan Jabatan Dosen.
12. Semua persyaratan dibuat dalam 2 rangkap.
13. Isian formulir lampiran bagi pelamar BPPS dapat didownload di sini.
14. Amplop berperangko dan ditulisi alamat pelamar
15. Lamaran dikirim/diserahkan:

Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta – 55281


FORMULIR : A
PERNYATAAN CALON

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ................................................................................................
Dosen tetap : ................................................................................................
NIP/No.Sk Yayasan : ................................................................................................
Menyatakan berminat mengikuti program
( ) Magister (S2) ( ) Doktor (S3)
di Universitas Gadjah Mada dengan biaya pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
* Saya sudah pernah memperoleh biaya pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
pada tahun ..........................., untuk pendidikan tingkat Sarjana/Magister/Doktor *
di Universitas/Institut ................................................................................................
* Saya belum pernah memperoleh biaya pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Saya bersedia memenuhi kewajiban dan menandatangani surat perjanjian, berkenaan dengan biaya
pendidikan tersebut.
.............................., ..............................................
Yang menyatakan
....................................................
*Coret yang tidak perlu


FORMULIR B
PERNYATAAN PENUGASAN
MENGIKUTI PROGRAM PASCASARJANA
DENGAN BIAYA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Dalam rangka meningkatkan kinerja proses belajar-mengajar dan kualitas dosen, serta pengembangan
bidang ilmu, saya menugaskan:
Sdr. ...................................................................................................
Dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri/Swasta pada : AKAD/POLTEK/ST/INST/UNIV
..........................................................................................................................................
NIP : ......................................................... ( jika berstatus pegawai negeri sipil dipekerjakan di PTS )
Nomor Surat Keputusan Pengengkatan sebagai Dosen Perguruan Tinggi Swasta : *)
........................................................................................................... (S.K. terlampir)
untuk mengikuti pendidikan Magister/Doktor Program Studi :
................................................................................... .di Universitas Gadjah Mada. Untuk menjamin
kelancaran tugas, selama mengikuti program pascasarjana ia dibebaskan dari tugas akademik dan
administratif.
Mengetahui,
....................., ........................................
Koordinatir Kopertis Wilayah ........................ *) Direktur/Ketua/Rektor
............................................................................. ............................................................
NIP. NIP/NIPY.
* hanya bagi calon dari Perguruan Tinggi Swasta


FORMULIR C
RIWAYAT PEKERJAAN

1. Mata kuliah yang diasuh pada waktu sekarang : .......................................................
Menjabat jabatan struktural Ketua Lab/Jurusan : (Ya/Tidak)
Jabatan fungsional : .......................................................
(Asisten/Lektor Muda/Lektor/Lektor Kepala)
Alamat kantor : .......................................................
2. Daftar mata kuliah yang diasuh, semester, tahun


Mata kuliah Semester Tahun
....................................................... ............................ ....................
....................................................... ............................ ....................
....................................................... ............................ ....................
3. Jabatan Struktural Perguruan Tinggi Antara Tahun
Rektor/Ketua/Direktur .......................
Wakil Rektor/Ketua/Direktur .......................
Dekan .......................
Wakil Dekan .......................
Ketua Jurusan ......................
Sekretaris Jurusan ......................
Ketua Lembaga/Pusat ......................

FORMULIR D
PENILAIAN KELAYAKAN AKADEMIK UNTUK MENGIKUTI
PROGRAM MAGISTER (S2)

1. Nama pelamar : ....................................................................
2. Program studi yang dipilih : ...................................................................
3. Lama waktu mengenal pelamar
a. sebagai bawahan selama : ................................. tahun
b. sebagai mahasiswa selama : ................................. tahun
c. sebagai kolega selama : ..................................tahun
4. Kelayakan akademik pelamar untuk mengikuti program pendidikan S2
Hal-hal yang dianggap kuat :
.............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
Hal-hal yang dianggap lemah :
..............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
5. Dalam mengikuti program S2 diperkirakan pelamar akan :
Berhasil dengan memuaskan
Cukup cakap untuk mengikuti pendidikan
Memerlukan bimbingan khusus untuk berhasil
6. Apabila ada persoalan yang berhubungan dengan kemajuan pendidikan pelamar :
Bersedia dimintai pertimbangan
Tidak bersedia dimintai pertimbangan
7. Pemberi rekomendasi
Nama : ........................................................................
Jabatan : ........................................................................
Alamat : ........................................................................
Pemberi Rekomendasi
...............................................
PROYEKSI KEINGINAN
Proyeksi Keinginan untuk mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM adalah
sebagai berikut: (penjelasan Saudara apabila dirasa perlu dapat ditambah pada kertas lain)
1. Alasan mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM dengan pilihan program studi
tersebut:
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
2. Harapan yang diinginkan dari mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana UGM:
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
3. Rencana yang akan dilakukan setelah menyelesaikan Pendidikan S2 di Program Pascasarjana
UGM:
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar