Selasa, 04 Januari 2011

adobe photoshop


Cara Memasukan Foto Cinta Laura ke dalam Template

Sorry nih jarang bikin tutorial, karena emang masa liburan.. dimana -mana pasti orang males ngapa-ngapain.. hehehe..

Tutorial photoshop yang sekarang saya pilih gimana cara masukin foto ke dalam template.. saya pilih karena banyak yang tanya..

Ada email ke saya katanya pengen tau cara masukin foto ke dalam template yang udah ada.. gambar template nya yang ini

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template1.jpg

rencana nya.. foto kita mau dimasukin ke dalam layar putih yang ditunjukin ma orang-orang di samping.

Gambar original nya bisa didownload yang ini.. (klik untuk memperbesar lalu save)

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/Peoplewithbillboards0941-150x150.jpg

Buka gambar template..

Seleksi semua yang masuk ke dalam layar putih dengan PEN TOOL.. usahakan sedetail mungkin.. zoom kalo perlu.

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template2.jpg

hasil yang didapat :

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template3.jpg

kalo udah terseleksi pen tool klik kanan di layar > make selection

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template4.jpg

Hasil seleksinya bakalan seperti ini

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template5.jpg

Sampe disini ada pertanyaan ?

gak ada pertanyaan ya ? .. ya udah lanjut deh.. :p

Sekarang kita perhalus bagian tepi hasil seleksi tadi dengan feather.. Klik select >modify > feather

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template6.jpg

Sekarang telan eh tekan CTRL + J untuk mengcopy hasil seleksi menjadi layer baru..

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template7.jpg

Buka foto yang mau dibuat jadi objek nya.. saya pake Foto Cinta Laura aja deh..

setelah dibuka, drag foto cincha laura ke template yang udah disetting tadi

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template8.jpg

Foto Cinta Laura tadi di atur supaya pas sama kotak putih nya.. puter dikit..

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template9.jpg

Tukar layer 1 jadi di atas layer 2 ( drag layer 1 ke paling atas )

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template10.jpg

Matikan layer 2 dengan menghilangkan gambar mata di samping layer window ( Foto Cinta Laura) sehingga background putihnya keliatan..

seleksi background putih dengan polygonal lasso tool..

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template11.jpg

kalo udah.. nyalain lagi layer 2 … terus klik Select > inverse karena kita akan menyeleksi selain background putih

Tekan Tombol DELETE

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template12.jpg

Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi..

Sekarang kita buat bayangan supaya terkesan Real..

Buat layer baru di bawah layer 1 diatas layer 2 (foto Cinta Laura ).. ( antara layer 1 dan layer 2 (Foto Cinta Laura) )

Warnai bagian-bagian tertentu (yang diberi panah merah di gambar ) dengan Brush tool warna hitam

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template13.jpg

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template14.jpg

dan hasilnya :

disini Foto Cinta Laura saya Edit dikit .. dengan Image > Adjustment > Hue Saturation

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/09/template15.jpg

Selamat mencoba yah..

Pada postingan cara membuat brush bubble atau brush gelembung sabun sebelum postingan ini.. gak dibahas cara pake nya.. hehehe.. sengaja.. biar banyak postingan nya :p
ya udah langsung aja..
Buka foto yang mau dibuat bergelembung..





Cara Menggunakan Brush Bubble ( gelembun...

http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/12/bubble-sample.jpg
Sekarang setting Brush nya..
Yuk mari gan..
Klik Brush tool
Nanti muncul Brush palette.. kalo gak muncul silahkan Klik Windows > Brushes
Klik brush bubble yang sudah dibuat..
setting scattering nya .. ini fungsi nya untuk memisah kan bubble yang tadinya menumpuk
nanti coba-coba dengan angka yang lain..  sangat menyenangkan deh pokoknya..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/12/bubbles-brush241.jpg
Lalu setting juga shape dynamics nya..
ini berfungsi untuk besar kecil masing-masing bubble atau putaran masing -masing bubble
silahkan coba-coba aja yah..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/12/bubbles-brush251.jpg
kalo udah klik di foto yang tadi udah disiapkan..
Ukuran nya terserah temen-temen aja.. mau gede , kecil, sedang..
Lebih bagus lagi kalo foreground nya PUTIH..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/12/bubbles-brush261.jpg
Hasilnya adalah
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/12/soap-buble-brush1.jpg
Selamat mencoba dan bersenang-senang..  ;)

Cara lain menghaluskan Wajah dengan Photoshop

Karena Besok udah mulai puasa .. gak ada salahnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan Bathin .. kalo ada penulisan yang salah dan komen yang kurang mengenakan dari saya.. maafin yah..
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa buat yang menjalankan nya .. semoga puasa tahun ini jadi Barokah karena dijalanin dengan hati bersih dan Ikhlas.. amien..
di tutorial photoshop yang lama saya sudah buat cara menghaluskan wajah yang judulnya menghilangkan kerutan di wajah.. di tutorial itu saya pake cara healing brush tool..
Sekarang saya mau coba dengan cara lain menghilangkan jerawat atau menghaluskan muka tanpa meng clone ataupun healing.. tapi dengan blur filter.
Buka foto yang mau dihaluskan wajahnya..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-1.jpg
duplikat layer background atau layer gambar dengan menekan ctrl + J
ubah layer style menjadi vivid light.
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-2.jpg
Klik Image > adjustment > Invert atau tekan CTRL + I
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-3.jpg
Klik filter > blur > gaussian blur
Nilai radius tergantung gambar.. usahakan hasil blur nya sama yaa dengan yang digambar
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-4.jpg
Klik filter > other > high pass .. sekali lagi nilai radius tergantung besar gambar nya.. jadi dikira-kira aja wajahnya udah mulus apa belom..  :).. kalo ada perubahan pada mata.. biarin aja.. nanti dimasking kok..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-5.jpg
Kalo udah keliatan halus muka nya.. klik  Add layer mask ..
warna foreground harus hitam..
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-6.jpg
Klik brush TooL .. warnai bagian-bagian yang harusnya tajem.. seperti alis, mata, bibir, hidung, rambut, baju… kecuali daerah yang ada jerawarnya.. jangan di masking.
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-7.jpg
hasilnya :
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/menghilangkan-jerawat-8.jpg
Ini contoh yang lain :
http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2010/08/nadia.jpg
Gimana ? gampang kan ?
Selamat mencoba yah..
Sekali lagi


Belajar Membuat Animasi Dengan Photoshop

Software : adobe Photoshop CS3 – CS4 .. CS2 blom cek udah ada fasilitas animasinya ato belom yaa.. mungkin masih pake Image Ready.
By Request : Saya bikin Tutorial ini karena banyak yang request.
Saya coba buat dasar-dasar nya aja.. atau gimana sih cara buat suatu gambar itu jadi gerak.. belom masuk ke berubah bentuk ya.. cuman gerak aja..
Pembuatan animasi di photoshop ada 2 cara :
1. Import Langsung dari layer ( Make frame from layers – buat yang udah EXPERT )
2. Manual ( ini khusus buat menggerakan benda aja)
Sekarang kita mulai dengan yang manual dulu aja yaa.. dari dasar dulu la..
Pertamax.. hehehe  buka dokumen baru :
animasi1
Buat kotak dengan rectangle marquee tool. Klik Select > Inverse.. lalu warnai dengan warna Hitam Klik Edit > Fill > Black
animasi2
Sekarang buat lingkaran dengan Elliptical Marquee tool.. ( Sambil tekan tombol SHIFT biar Bener-bener bulet jadinya )..
Warnai dengan Gradient TOol > Radial Gradient.  Warna Terserah aja..
animasi3
Kalo ngikutin nya bener … jadinya kayak gini ..
animasi4
Sekarang kita gerakkan Bola nya..
Klik Windows > Animation, maka muncul Animation Bar..
animasi5
Klik Duplicate Selected Frame .. Muncul Frame baru dengan posisi bola yang sama..
animasi6
Sekarang pindahin bola yang ada di frame 2 ke tepi kiri tengah..
animasi7
Klik Tween Animation Frame untuk membuat Frame-frame dari posisi bola di atas ke posisi bola di samping secara otomatis.. kalo mau gerakan nya halus.. frame nya banyakin aja.. saya pake 5 frame aja..
animasi8
Sekarang udah jadi deh.. gerakan dari atas ke samping kiri.. coba aja tekan tombol Play.
animasi9
Pake cara yang sama .. Sekarang klik frame terakhir.. Klik duplicate selected frame lagi.. Pindahkan bola ke bawah tengah.. lalu buat Tween animation frame.sebanyak 5 juga.. Lalu animasikan bola dari tengah bawah ke tengah kanan.. animasikan lagi..
Untuk yang terakhir jangan sampe kembali ke posisi awal.. tapi buat renggang sedikit..
animasi11
Klik tombol Play..  Kalo udah Ok save di GIF..
Klik File > Save For Web and Devices
animasi12
Hasilnya :
animasi12
Selamat Mencoba…

By Request:Membuat Foto Wedding ( Menggabungkan 2 gambar)

Dengan komputer seadanya yang Lemot dan koneksi internet yang lemot juga..saya bikin tutorial ini :(. Terus terang biasanya saya buat tutorial itu di kantor ( Luar jam kerja Tentunya ) dengan komputer yang cepetnya lumayan mantep.. makanya saya males bikin tutorial kalo dirumah.. abis lemot sih.. :D.. Loh kok malah curhat ? *!^$!^!^(
Tutorial ini by request yang diminta seorang temen (pengunjung web ilmuphotoshop.com ini juga). Gambar yang dikirim :
Gambar Pertamax :
wedding1
Gambar kedua :
wedding2
hasilnya mau kayak gini :
wedding10
Cara buat nya :
buka kedua gambar yang masih mentah di atas ..
Kita edit gambar pengantennya :
Seleksi yang warna putih nya dengan Magic wand Tool
kan ada seleksi yang masuk ke dalem tuh.. kita seleksi ulang dalem nya ( yang kena seleksi ) dengan  direct selection tool. sambil menekan tombol ALT.. sekarang tampilannya seperti ini :
wedding3
Klik Select > Feather untuk memperhalus seleksi.
wedding4
lalu klik Select > inverse sehingga sekarang yang terseleksi adalah gambar orang nya.
Kita drag (tarik sambil menekan mouse) gambar orang ke gambar bunga..
wedding5
Nanti hasilnya gini :
wedding6
Sekarang atur deh foto nya.. lalu klik kanan Blending OPTION layer 1 atau layer gambar orang , lalu setting seperti ini:
wedding7
Sekarang Klik Eraser tool lalu Klik kanan di layar gambar maka keluar
wedding8
Hardness nya yang gede yaa , sekitar 300 -600 an.
Hapus bagian bawah dan samping layer 1
wedding9
Hasilnya :
wedding10
Selamat Mencobaa…
Fiuuuhhh…

Cara-cara meng-Clone ( Kloning )

Cloning di photoshop gak perlu pake test darah, gak perlu harus sama rantai DNA nya, gak perlu pake alat kedokteran.. Ada satu alat di photoshop yaitu Clone Tool..
Buka file yang akan diedit

Klik clone tool :

tekan tombol alt lalu tekan klik di titik awal yang akan di clone. misalnya di sayap

sekarang sambil Drag mouse nya… geser geser ditempat kosong seperti dibawah

dengan cara yang sama, bikin seperti contoh dibawah :

Clone tool bisa dipake buat ngilangin orang lho..

Membuat Kartu Lebaran Sederhana

Karena bentar lagi Idul Fitri alias Lebaran, biasanya orang-orang saling kirim kartu lebaran lewat email, atau post , kalo mau praktis yaa pake SMS. Tapi tradisi kirim kartu lebaran masih ada kok.. Kita coba bikin kartu lebaran dengan ukuran 4R , jadi bisa langsung di cetak ke tempat cetak foto. Atau bisa juga buat dikirim lewat email.  Yang penting cara-cara bikinnya kita jadi tau.
Sebelum membuka dokumen baru, tekan D dan X untuk membuat settingan background hitam dan foreground putih seperti di postingan sebelumnya.
Setelah itu buat dokumen baru :

buka file gambar ketupat

Klik untuk memperbesar dan klik kanan trus save. ( gambar saya dapet search di google dari websitenya lupa euy.. maaf ya.. )
Drag file gambar tadi ke dokumen baru dan setting letak dan besarnya seperti ini :

Posisi layer di layer ketupat, klik Layer > layer mask > Reveal All .

Klik gradient tool lalu setting seperti dibawah :

Hasilnya akan seperti ini :

Klik Single Row marque tool untuk membuat garis horizontal, Buat layer baru lalu letakkan garis di layer baru.

Klik Edit > stroke

Ctrl + d untuk menghilangkan Seleksi. Copy garis tersebut ke bawah. Caranya Sambil menekan tombol ALT , drag garis ke bawahnya.. dikira-kira aja letaknya .

Copy dan letakan garis sampe bawah kartu. Layer yang terbentuk kan jadi banyak, Klik layer paling atas terus tekan ctrl + E untuk menggabungkan semua layer dan hasilnya menjadi layer 2 doang.
lalu Copy dan Putar layer 2 atau garis-garis tadi. Simplenya Tekan tombol ALT dan putar garis tersebut

Drag titik tengah di garis paling bawah ke bawah kartu.. hasilnya seperti ini :

Set Opacity atau transparan nya menjadi 50 %.

Hapus garis yang menghalangi gambar dengan Eraser Tool.

Lalu kasih tulisan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H “ , saya menggunakan font MISTRAL. Download disini. < Klik Kanan trus Save
Hasil Akhir nya Seperti ini :

Selamat mencoba yaa.. trus kirim deh. Kalo mo dikirim lewat pos musti di cetak dulu ke tempat cetak foto ukuran 4R. atau kirim aja lewat email..

Photo In a Box

Waktu nulis tutorial ini… lagi liat detik.com yang isinya Mbah Surip Meninggal..  Semoga Arwahnya diterima disisi Alloh SWT.. amien..
TIPS OF THE DAY : CTRL +E fungsinya menggabungkan dua layer ( layer atas ke layer bawahnya)
Sekarang saya coba buat Photo berbentuk Kubus.. idenya sih dari permainan kubus Rubik yang sangat susah itu lho.. kalo ada yang bisa permainan ini boleh share sama saya… hehehe.. pengen banget bisa nih.. Kalo satu atau 2 sisi doang sih bisa..hayah..
Kembali ke tutorial..  LANJUTGAN !
Buat dokumen dengan ukuran 400px x 400px resolusi 72 aja.. kalo mau bikin besar juga gpp.. terserah aja.. ini cuman contoh aja..
photo in a box 1
Pertama kita buat template untuk Box nya..
Buat kotak dengan rectangle marquee tool.. sambil tekan tombol SHIFT yaa..  biar semua sisinya sama.
photo in a box 2
Buat layer baru. Warnain dengan paint bucket tool. Untuk warnanya terserah karena ini mah buat acuan aja nanti..
photo in a box 3
Duplikat kotak pertama sambil digeser ke samping dan tempelin persis di ujung sisi kanan kotak pertama… caranya Tekan ALT lalu Drag ke samping kanan.
Ganti warna nya dengan warna lain biar beda.
photo in a box 4
Sekarang Ulangi langkah yang tadi.. Duplikat dan simpan di atas kotak pertama.. harus bersinggungan dengan sisi atas kotak pertama.
photo in a box 5
jadi deh Template nya. Sekarang kita punya 3 layer dengan kotak yang berbeda letak dan warna.
Buka foto yang mau di bikin Kubus..  usahakan fotonya harus yang view nya agak jauh biar nanti objek nya pas banget masuk ke kotak pertama ( di paling depan).
Drag ke dalam dokumen Template yang tadi udah dibuat.
photo in a box 6
Atur letak dan ukurannya.
Sekarang kita akan mengambil bagian-bagian foto yang akan disesuaikan dengan Template kotak tadi.
Pilih layer foto .. tekan CTRL + klik di kotak pertama..
Tekan CTRL + C (Copy ) lalu Tekan CTRL + v untuk (paste)
Otomatis akanTerbentuk layer baru yang isinya bagian foto sesuai kotak pertama.
photo in a box 7
Ulangi langkah yang tadi untuk bagian-bagian  yang lain..
photo in a box 8
Matikan semua layer.. kecuali layer foto yang udah terbentuk dan layer background
Sekarang kita punya Foto yang sesuai dengan Template tadi..
photo in a box 9
Beri efek sedikit dengan Blending Option.
Klik kanan layer foto kotak pertama  > blending option atau Klik 2 kali di layer foto kotak pertama.
Setting seperti dibawah.. ini tujuannya biar keliatan garis tepi di setiap sisi.
photo in a box 10
Klik kanan layer foto kotak yang sudah diberi effect.. klik copy layer style.
Pilih layer kotak berikutnya . Klik kanan > Paste layer style. sama juga untuk kotak satu lagi.
Sekarang pilih Layer foto kotak yang disebelah kanan.
Klik Edit > transform > Distort
Tarik ujung kanan nya aja.. dan atur dimensinya seperti dibawah. kalo perlu gunakan garis bantu, biar lurus. Garis bantu udah saya jelaskan di tutorial yang ini.
photo in a box 11
Atur juga untuk bagian atas nya.. gunakan Edit > Transform > distort . Tarik dan atur ujung-ujungnya. gunakan garis bantu juga untuk memudahkan.
photo in a box 12
Kalo udah.. Merge (gabung) semua layer photo kotak dengan menekan CTRL + E dimulai dari layer yang paling atas dulu. Sekarang sudah Menjadi Kubus..
photo in a box 13
Sekarang kita buat bayangannya..
Buat bentuk yang kira-kira menyerupai alas dari kubus .. dibawah.. dan simpen di bawah layer foto Kubus..
photo in a box 14
Klik Filter > Blur > gaussian Blur
photo in a box 15
Atur dan putar Foto Kubus dan bayangannya sehingga terlihat alami.. Untuk ngatur ini, butuh imajinasi juga..
photo in a box 16
Hasilnya :
photo in a box
Gimana ? mantep tho..
Selamat Mencoba..

Edit Foto | Edit Photo | Membuat Effect Taped ( Solasi Bening)

Kontes SEO dari Joko Susilo emang sangat melelahkan otak .. mengatur strategi gimana cara nya dengan kata kunci ” Stop Dreaming Start Action” , ilmuphotoshop bisa dapet peringkat minimal di Halaman 1 Google.co.id. Emang berat banget.. soalnya jawara-jawara SEO Indonesia pada turun gunung.. hehehe.. tapi gpp ..  selama otak masih jalan,  kenapa enggak dicoba.. bener ga?  sekarang ilmuphotosop masih berkisar di halaman 2 dan 3 dengan kata kunci “Stop Dreaming Start Action ” ini..Mohon dukungannya ya..
Tapi saya gak ngelupain posting tutorial photoshop kok.. Tutorial tetep jalan.. Sekarang kita Edit foto/edit photo membuat Efek Taped (isolasi) pada foto.
Sebelumnya siapkan dulu foto yang mau diberi Effect.
Buka dokumen baru :
edit foto 1
Warnai dengan warna Biru Brondong ( muda-red ) hehehe.. atau terserah aja .. yang penting muda..
edit foto 2
Buka File Foto/Photo yang mau diedit. .. lalu drag Ke dalam dokumen baru. sesuaikan ukurannya.. Saya pake foto anak saya waktu mau berangkat Pertama kali masuk SD hari senin 13 Juli 2009 kmaren.
edit foto 3
Putar sedikit dengan menggunakan move tool. jangan lupa Show Transform tool atau show bounching box nya dicentang biar keliatan Kotak Edit nya.
edit foto 4
Supaya keliatan realistik atau beneran, beri bayangan.. klik kanan layer > Blending Options
Atur Drop Shadow nya
edit foto 5
Buat Layer baru..
Buat kotak dengan rectangle marquee tool, warnai dengan warna putih, dan kurangi opacity nya menjadi 50%
edit foto 6
Zoom Kotak tadi… buat efek compang camping di ujung kotak, dengan polygonal lasso tool lalu DELETE.. Buat efek sama pada sisi lain nya.
edit foto 7
Supaya keliatan kayak beneran (realistik), Klik kanan Layer 2 > Blending Options ( atau Klik 2 kali pada layer 2).. Setting seperti dibawah
edit foto 8
NOTE : Kemaren ada yang usul supaya dijelasin kenapa dikasih efek ini atau efek itu.. lebih enak memahami sendiri kenapa diberi suatu effect tertentu, karena akan lebih mudah nginget nya.. jadi kalo saya gak ngasih tau kenapa dibuat shadow kenapa dibuat blending..itu bukan karena gak mau ngasih tau.. tapi bisa-bisa pembahasannya melebar dan malah gak fokus nanti nya. Mohon bisa difahami..
Kembali ke bahasan ..  Kalo udah dikasih Stroke .. pindahkan kotak tadi ke pojok foto lalu putar ..
edit foto 9
Duplikat dengan menekan CTRL +J lalu pindahkan dan putar kotak solasi tadi ke tiap pojok foto.. hasil nya kayak gini :
hasil edit photo
Semoga Bermanfaat.. dan Selamat mencoba..

Membuat Pasfoto Sendiri

Merubah atau menghilangkan background di sebuah foto itu gampang banget kalo backgroundnya cuman 1 warna. sekarang gimana kalo ternyata kita punya foto paling keren untuk dijadiin pasfoto tapi background nya pemandangan? Cara Cropping nya gimana yaaa?????  gampang juga kok.. dan malah banyak banget caranya.
Oia.. buat yang blon tau : kalo background nya warna putih doang atau 1 warna saja kita langsung pake MAGIC WAND TOOL aja atau ketik di keyboard huruf “W” buat seleksinya.
Sekarang kita buat pasfoto yang berbackground beraneka warna dan bau :P.
buka foto nya di Adobe Photoshop, terus crop 4×6 seperti yang sudah saya jelaskan di SINI :

Gunakan Polygonal Lasso tool untuk seleksi foto yang mau diambil.. Zoom fotonya biar hasilnya bagus.. ini butuh ketelitian. tapi gak usah stress gitu dong.. minum dulu sono !
hasinya musti gini yaa… yang saya malah blepotan… ayo kalahkan saya… ! hehehe.. punya kamu pasti lebih rapi..

Setelah seleksi selesai.. Duplikasi background layer dengan mendrag ke bawah (tombol create new layer). Terus hapus Background layer nya.

Sekarang kita Inverse selection . Klik Select > Inverse. jadi sekarang yang ke seleksi background nya bukan orang nya.
terus perhalus pinggirnya dengan feather. Select > Feather kasih radius 1.
Delete deh background nya.. hasilnya seperti ini…

Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.
Sekarang tinggal buat background nya…
klik Create new layer lalu pindahkan layer baru ke bawah background copy.seperti gambar.

Abis gitu Klik gradient setting warna nya, kalo gak salah warna pasfoto kan biasanya merah ati gitu kan.. kalo kurang oke, coba-coba aja yaa.. salah.. yaa tinggal UNDO aja.. hehehe..

tarik gradient dari tengah mata ke atas.. biar keliatan ada bias cahaya dikit dari belakang.  (posisi kursor ada di layer 1, bukan di background copy. jadi deh..

tapi kayaknya kurang halus yaa gambarnya.. pake Erase tool settingannya dirubah ke “Airbrush Soft Round”. trus Pindahkan kursor ke Layer Backround copy. trus hapus pinggirnya dikit-dikit.. yang rapi yaa..

kalo masih kurang puas.. atau cahayanya kurang pas.. bisa Klik Image > Adjusment > Brigthness & Contras.. atur-atur disana sampe kira-kira cahaya nya pas.
kira -kira jadinya nanti seperti ini nih…

save as deh di format JPG..atau psd buat cadangannya.

Membuat CD ( Compact Disc ) dan bukan Celana Dalem :p

Waktu liburan telah abis… seneng banget deh.. full refreshing ..
waktu itu ada yang minta tutorial bikin CD, mungkin maksudnya CD yang ini kali ya..
 
Kalo minat langsung ikutin aja …
Pertama buka dokumen baru :
 
lalu bikin efek kayu di background.. caranya ada di tutorial yang ini.
Setelah jadi.. bikin lingkaran dengan Elliptical marquee tool, jangan lupa sambil tekan tombol Shift yaa bikin lingkaran nya… biar gak menceng-menceng.

Bikin layer baru, lalu kasih warna #a1a1a1 buat lingkaran nya.

Drag ( Klik kiri mouse + geser ) layer lingkaran ke tombol create new layer, lalu Kecilin lingkaran nya kira-kira 30% , sambil tekan tombol Shift + alt biar gak lari-lari dan menceng-menceng juga. hehehe..

Kasih warna #d5d5d5

Dengan cara yang sama, duplikasi lingkaran ke 2, drag layer lingkaran ke 2 ke create new layer, lalu kecilkan kira-kira setengahnya.

Sekarang pindah ke layer lingkaran pertama lalu tekan tombol delete.

Gunakan polygonal lasso tool untuk membuat seperti dibawah

Buat layer baru, dan kasih warna putih.. setelah itu klik Filter > blur > gaussian blur.

dan pake opacity 80%.

CTRL + klik layer 1 atau lingkaran besar lalu klik Select > inverse, pindahkan kursor ke layer 2 lalu tekan delete untuk menghapus blur yang berada diluar lingkaran besar.

Setting juga opacity 75% buat layer lingkaran kecil…

Sekarang bikin CD nya supaya keliatan 3D dengan menggunakan bayangan. Klik kanan layer 1 lalu klik blending Option. setting seperti dibawah …
 
Hasilnya seperti ini :
 
Selamat mencoba.!

Membuat Kumis & Jenggot dengan Photoshop

Kumis dan jenggot kan tumbuhnya lama banget.. tapi kalo di photoshop cuman 5 menit lho numbuhin jenggot..  Coba deh ..
pertama buka photo yang mau dijenggotin..

Setelah itu klik brush tool atau tekan tombol B , lalu klik windows brushes atau tekan F5.
DI Brushes windows setting seperti dibawah :

Master Diameter nya sesuaikan dengan gambar aja.. soalnya, mungkin kamu pake gambar yang resolusi atau ukurannya gede.. maka si master diameternya juga harus gede.. nanti coba2 aja yaa..
Klik shape dinamics di brushes palette , setting seperti dibawah :

diteruskan dengan Scattering , setting seperti dibawah :

Terakhir setting Color dynamics seperti dibawah :

Jangan lupa, sesuaikan warna brushes dengan rambut kepala, supaya bener-bener mirip :
Klik eye drop tool terus klik foreground color klik di rambutnya..  trus klik background color, klik lagi rambut nya..

Setelah beres semua… sekarang buat new layer untuk ngelukis jenggotnya..

Klik brush tool lagi.. lalu lukis jenggot dan kumis pada tempatnya … ya iya lah !

Hasilnya :

Bagus banget nih buat penyamaran… :Dcobain yaa..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar